Satu Kasus Positif Covid-19 Bertambah di Aceh, dari Kalangan Orang Tanpa Gejala

SERAMBINEWS, BANDA ACEH – Kabar baik dari tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh, dua pasien positif Covid-19 di Aceh dinyatakan sembuh, Jumat (15/5/2020).

Namun, di sisi lain, satu kasus baru terkonfirmasi hari ini, Jumat (15/5/2020). Satu kasus terbaru yang konfirmasi positif Covid-19 hari ini adalah dari kalangan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pasien tersebut berasal dari Benar Meriah, dari klaster Temboro, Jawa Timur.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani alias SAG mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh, Bidang Penanganan Kesehatan, mendapatkan satu kasus baru Covid-19, berdasarkan laporan Kepala Balai Litbangkes Aceh, Dr Fahmi Ichwansyah SKp MPH. Sampel swab Nomor C.140293 dari RSUD Mayang Kute, Kabupaten Benar Meriah.

SAG menjelaskan, menurut informasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Benar Meriah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Benar Meriah, melalui Kasie P2M, Rina Desi Sartika SKep, bahwa sampel nomor C140293 merupakan swab cairan tenggorokan dan cairan hidung OTG atas nama inisial AR (13).

Menurut SAG, ia santriwan Ponpes Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur, dan pulang ke Kabupaten Bener Meraiah pada 16 April 2020.

“Meski AR tidak menunjukkan gejala dan hasil rapid test sebanyak dua kali juga nonreaktif, tetap diambil cairan tengorokan dan cairan hidungnya untuk diperiksa dengan RT-PCR,” katanya.

Kebijakan swab OTG itu karena ia dari klaster Temboro dan memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 positif lainnya.

Ternyata, swab yang diambil selasa (12/05/2020) terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Jumat (15/5/2020).

“Kasus positif Covid-19 tersebut membuktikaan OTG di sekitar kita merupakan pembawa virus dan aktif menularkan. Karena itu selalu pakai masker dan selalu menjaga jarak antarsesama,” tambah SAG.

sumber : serambinews.com