Plt Gubernur Aceh Janji akan Segera Tangani Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Paya Tumpi

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah berjanji akan segera menangani rumah yang rusak akibat musibah banjir bandang yang terjadi di Kampung Paya Tumpi Induk dan Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah.

Hal itu, disampaikan Nova Iriansyah ketika mengunjungi lokasi banjir bandang di Dusun Singah Mata, Kampung Paya Tumpi Baru, Sabtu (16/5/2020).

“Mengenai infrastruktur kampung yang rusak aka segera ditangani dan dimulai dari rumah yang rusak serta hanyut sama sekali. Kemudian rumah yang rusak  harus segera direnovasi, baik rusak berat maupun rusak ringan, ” kata Nova Iriansyah,

Selanjutnya, sebut Nova Iriansyah, hal utama yang juga perlu diperhatikan yaitu pemulihan trauma paska terjadinya musibah banjir bandang sehingga diperlukan koordinasi dengan semua pihak diantaranya bupati serta anggota Forkopimda Aceh Tengah.

“Pokoknya, penangananya harus dilakukan secara terpadu mulai dari materiil hingga spiritual karena musibah kali ini sangat berat,” sebutnya.

Di luar penanganan fisik, lanjut Plt Gubernur Aceh ini, pihaknya akan meminta kepada Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), baik provinsi dan kabupaten/kota serta para ulama karena ada dimensi lain dari musibah ini.

“Jadi kita diminta merenung, barangkali ada yang salah diantara kita sehingga mari saling memaafkan atas sifat-sifat yang tidak tepat sehingga harus diluruskan,” lanjut Nova Iriansyah.

Menurutnya, dalam penanganan terpadu, bukan hanya rumah yang akan mendapat penanganan tetapi area perkebunan yang terimbas juga dibantu seperti perbaikan lahan, serta penyediaan bibit untuk proses penanaman kembali.

“Jadi penanganannya ada di masing-masing sektor, ada Dinas Perkebunan, Pertanian, Pemukiman. Nah, dalam kesempatan ini, saya minta dinas PUPR Provinsi untuk segera mengerahkan alat beratnya kemari,” ungkap Nova.

sumber : serambinews