Pemkot Payakumbuh Siapkan 3 Gedung untuk Isolasi ODP Bandel

0
3948

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyiapkan tiga gedung sebagai tempat isolasi bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang membandel atau enggan tetap di rumah (isolasi mandiri) demi mencegah risiko penularan virus corona (Covid-19).

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Jumat, mengatakan ada tiga gedung dengan 65 kamar yang dapat digunakan menjadi ruang isolasi.

“Tujuan kita mengadakan ini untuk ODP yang masih tidak mengindahkan imbauan dan masih suka keluar rumah,” kata dia seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/4).

Ia mengatakan lokasi yang disiapkan tersebut telah ditinjau untuk memastikan kondisi bangunan dan kapasitasnya. Ia pun memastikan kebutuhan ODP selama diisolasi itu akan dibahas dalam rapat kemudian.

Di satu sisi, Rida mengimbau masyarakat untuk aktif mengawasi ODP yang ada di daerah masing-masing. Pihaknya juga telah memasang stiker di rumah ODP.

“Peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengawasan ini. Apabila masih ada ODP yang keluyuran, laporkan ke Puskesmas atau petugas,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan tiga gedung yang telah ditinjau tersebut adalah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Pelatihan Peternakan dan Kesehatan Hewan (BPPKH) Provinsi Sumatera Barat.

Dari hasil pemantauan, SKB memiliki 24 unit kamar dengan kondisi baik dan diperkirakan masing-masing kamar dapat diisi setidaknya dua tempat tidur. Untuk BLK memiliki 16 ruangan yang dapat dipakai, juga dalam kondisi baik.

“BLK itu perkiraannya setiap ruangan dapat diisi antara dua hingga empat unit tempat tidur. Sedangkan, PPKH memiliki 25 kamar dengan kondisi baik dan setiap kamar diperkirakan dapat diisi dengan 2 unit tempat tidur,” tutur Dony.

sumber : cnnindonesia