Apple Berencana Memindahkan Produksinya di Luar China

0
19

CUPERTINO, iNews.id – Apple berencana memindahkan beberapa produksinya ke luar China. Langkah ini diambil untuk menghindari tarif yang diberlakukan Amerika Serikat (AS) dalam perang dagang bersama China.

Menurut laporan terbaru, Apple memutuskan untuk memindahkan beberapa produksi di luar China. Raksasa berbasis di Cupertino ini akan mempertimbangkan pergeseran antara 15-30 persen hardware di luar China.

Apple telah memiliki tim yang mengeksplorasi kemungkinan tersebut, dan meminta mitra manufaktur seperti Foxconn, Wistron, dan Pegatron untuk mengevaluasi opsi mereka.

Perselisihan perdagangan yang terjadi antara AS dan China baru akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang seiring dengan diberlakukannya tarif 25 persen untuk produk smartphone, tablet, dan laptop.

Terlepas dari sengketa dagang dua negara itu, Apple dikatakan tertarik untuk memindahkan produksinya. Raksasa teknologi AS mengakui risiko terlalu bergantung pada produksi China.

“Tingkat kelahiran yang lebih rendah, biaya tenaga kerja yang lebih tinggi, dan risiko terlalu memusatkan produksinya di satu negara. Faktor-faktor buruk ini tidak menuju ke mana-mana,” kata seorang eksekutif yang mengetahui situasi sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Kamis (20/6/2019).

Berangkat dari permasalahan tersebut, Apple diduga bersedia untuk pindah bahkan bila tidak ada tarif yang yang diberlakukan.

Sumber : inews.id