Calon Ketua Kadin Aceh Wajib Setor Dana Kontribusi Rp 1 Miliar dan Dinyatakan Hangus

0
137

BANDA ACEH – Bagi para bakal kandidat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, periode 2019-2023 yang ingin mencalonkan diri, diwajibkan menyetor dana kontribusi atau partisipasi sebesar Rp 1 milliar.

Uang yang diarahkan penyetorannya ke rekening bank milik Kadin Aceh tersebut dinyatakan hangus atau tidak dikembalikan lagi bagi para calon yang akan bertarung pada pemilihan tersebut.

Pemilihan Ketua Umum Kadin Aceh akan dilaksanakan pada 18- 20 Juni 2019 mendatang di Banda Aceh.

Ketua Steering Committee (SC) Musyawarah Provinsi Kadin Aceh, Muhammad Mada, yang dihubungi Serambinews.com, Selasa (11/6/2019) malam menyebutkan dana sebesar Rp 1 miliar itu merupakan dana kontribusi atau partisipasi bagi setiap calon yang mendaftarkan diri dan ikut ambil bagian pada pemilihan.

“Dana kontribusi atau partisipasi sebesar Rp 1 miliar yang dinyatakan hangus atau tidak dikembalikan lagi tersebut merupakan salah satu persyaratan untuk para bakal calon Ketua Umum Kadin Aceh,” ujar Muhammad Mada yang akrab disapa Cek Mada.

Di samping syarat itu, ada persyaratan lainnya, yakni anggota Kadin aktif tahun 2019 serta pernah menjadi pengurus atau sedang dalam kepengurusan berjalan Kadin atau asosiasi/himpunan dari asosiasi/himpunan yang masih terdaftar dan aktif sebagai anggota luar biasa Kadin Aceh tahun 2019.

Lalu selain itu, syarat lainnya pakta intergitas dari para calon.

Sedangkan dana Rp 1 miliar yang dinyatakan hangus atau tidak dikembalikan lagi tersebut dipergunakan untuk kepentingan pelaksanaan Musprov Kadin Aceh.

“Kalau ada kelebihannya akan dikembalikan kepada ketua terpilih untuk dijadikan sebagai dana abadi Kadin Aceh. Dan itu sudah sesuai AD/ART Kadin dan hal itu juga tidak ada manipulasi. Kita terbuka dan transparan, di samping kita sudah umumkan di media, di baliho-baliho juga kami sebarkan.” ujar Cek Mada.

Ditambahkan untuk batas pendafataran bakal calon Ketua Kadin Aceh, akan ditutup besok Rabu, 12 Juni 2019, sekitar pukul 16.00 WIB.

Hingga hari ini, lanjut Cek Mada, sudah ada tiga kandidat yang mendaftar, masing-masing mantan Ketua Kadin Aceh Barat, Ir Said Isa, H Makmur Budiman dan H Nahrawi Noerdin.

Ketika ditanyakan terkait ada isu dana tambahan Rp 50 juta sebagai uang pendaftaran.

Menurut Cek Mada, sama sekali tidak benar.

Dana tambahan itu tidak dibebankan lagi bagi bakal calon Ketua Umum Kadin yang mendaftar dan yang akan mengembalikan formulir pendaftarannya pada 15 Juni 2019 mendatang.

Sumber : serambinews.com